Sabtu, 17 Januari 2009

Masuk dan Berkembangnya Islam di Rusia

Sejak masa khalifah utsman bin Affan (644-656 M) kekuasaan Islam sebenarnya telah memasuki sebagian Asia Tengah ketika pemerintahan khalifah Mu’awiyah bin Sofyan (660-680 M) dari dinasti Bani Umayyah usaha perluasan daerah dilanjutkan terus. Islam mengalami kemunduran di seluruh Uni Sovyet termasuk di Rusia dimulai sejak berkuasanya kaum Bolsyewik yang dipimpin oleh Lenin. 
Sebagai gambaran keadaan Islam di Rusia dapat dikemukakan sebagai berikut : Umat Islam di Uni Sovyet pada tahun 1983 tidak kurang dari 40 juta orang. 
Masyarakat muslim di Rusia dalam melaksanakan ibadahnya sebenarnya tidak mengalami hambatan, karena melaksanakan shalat misalnya dapat dikerjakan di rumah masing-masing oleh orang tua. Orang Rusia untuk melaksanakan ibadah haji kemungkinannya hanyalah bagi yang tua-tua yang sudah tidak bekerja lagi. Itupun segala sesuatunya harus diurus sendiri dan memerlukan biaya yang sangat mahal. Sedangkan bagi mereka yang masih berumur muda, mendapat kesulitan untuk melaksanakan ibadah haji, karena mereka harus bekerja keras

Tidak ada komentar:

Posting Komentar