Sabtu, 17 Januari 2009

Masuk dan Berkembang Islam di Pakistan

Islam masuk ke Pakistan sebenarnya sudah sejak lama jauh sebelum Pakistan berdiri sebagai suatu negara yang merdeka pada masa pemerintahan Khalifah Walid bin Abdul Malik (705-715). Pakistan sebelumnya merupakan wilayah yang melepas diri. Perpecahan itu disebut dengan daerah Pakistan Timur dan Pakistan Barat. Pakistan Timur kemudian menjadi negara Bangladesh pada tanggal 17 April 1971 sebagai negara Republik. 
Proses masuk Islam dimulai saat dikirimnya pasukan Islam dibawah panglima Muhammad bin Qasim untuk menjalankan pemerintah di Sind karena pemerintahan oleh keluarga Brahma menekan rakyat dari segi sosial dan ekonomi. Dan mereka berhasil menjalankan pemerintah. Muhammad bin Qasim memperlakukan orang-orang Hindu dengan baik dengan mengangkat menteri-mentri dan pengawas-pengawas polisi dari kalangan mereka. 
Umumnya muslim Pakistan melakukan dakwah Islam baik didalam maupun di luar negeri. Di Pakistan ada beberapa organisasi keagamaan seperti Maudidi yang sangat berpengaruh dan ada juga organisasi Liga Muslimin yang berperan dalam kemerdekaan Pakistan yang dipimpin Muhammad Ali Jinnah. Dan di London terdapat pusat studi Pakistan yang pernah mengadakan seminar tentang negara Pakistan dari berbagai aspek. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar